Wednesday, September 14, 2011

Saham Perbankan Minus Imbas Downgrading Credit Agricole bank dan Societe Generale's

Gonjang-ganjing bursa saham kita sangat tinggi, Hari ini terbaca bursa Asia kembali ditutup mixed, namun berbeda dengan kemarin, kali ini Bursa China yang ditutup menguat sedangkan bursa Jepang malah melemah.



Begitu kuatnya bursa China dipimpin penguatan saham sektor batu bara, tercermin sektor ini dinilai undervalued dan juga sentimen China Coal Energy, produsen tambang terbesar kedua menaikkan target produksi.



Penyebab nge-drop nya bursa Jepang juga berasal dari China, dimana China memberikan beberapa klausul mengenai target fiskal yang harus dicapai oleh Italia sehingga China bersedia membeli obligasi Italia.



Kabar dari Eropa, Moody's akhirnya mendowngrade dua bank Perancis yakni Credit Agricole bank dan Societe Generale's, namun tidak mendowngrade BNP Paribas SA. Namun bursa Eropa berhasil menguat tipis sore ini setelah Bank Sentral Eropa menyatakan komitmen memberikan pinjaman US$575 juta ke bank yang memiliki masalah likuiditas.



Bagaimana nih dengan bursa lokal kita???, okee, Sama dengan kemarin, IHSG dibuka menguat namun terus mengalami pelemahan hingga akhirnya ditutup melemah 1.95% ke level 3,799.



Imbas Downgrade peringkat Credit Agricole bank dan Societe Generale's tampaknya memberikan dampak psikologis bagi saham bank dimana BBRI melemah 3.9%, BMRI -5.8%, dan BBCA -4.3%. ASII juga melemah cukup signifikan yakni 3.3% diduga akibat kekhawatiran kenaikan biaya sebagai dampak pelemahan rupiah dimana hari ini rupiah melemah 2.6%.



Pada malam ini investor akan mengantisipasi data ekonomi dari AS yakni montly budget statement, producer price index, dan retail sales.

No comments:

Post a Comment